Senin, 06 Februari 2012

Arthur Irawan, Orang Indonesia Pertama Yang Dikontrak Klub Spanyol


Nama Arthur Irawan, dalam dunia sepakbola Indonesia memang belum terkenal, waktu rame – ramenya pemain naturalisasi ikut seleksi tim nasional, Arthur Irawan sempat ikut mengikuti seleksi timnas namun gagal karena masalah umur yang masih terlalu muda. Rupanya kegagal itu tidak membuatnya putus asa.

Gagal di timnas, Arthur Irawan malah sukses menggoda klub besar spanyol Espanyol untuk meminangnya. Menurut Espanyol Arthur Irawan adalah pemain muda yang menjanjikan dari Indonesia yang sukses kami temukan. Ia bisa menarik perhatian klub-klub seperti Manchester United. Namun keluarganya menginginkan dirinya melanjutkan studinya. Kini tantangan bagi tim kepelatihan Espanyol adalah membuat Irawan bisa beradaptasi dengan gaya bermain sepak bola Eropa,

Untuk tahap awal Irawan masih akan bergabung dalam tim junior Espanyol pada musim pertamanya. Espanyol sendiri mengendus bakatnya ketika memperkuat klub amatir Lytham Town Inggris. Sebelum direkrut Espanyol Irawan sempat ikut tes klub Inggris lainnya Preston North End.

Espanyol atau Reial Club Deportiu Espanyol de Barcelona, S.A.D. merupakan klub papan tengah La liga yang berasal dari katalan Barcelona. RCD Espanyol yang dipimpin oleh Ramon Condal berdiri tanggal 28 Oktober 1900. Espanyol dibetuk oleh seorang mahasiswa teknik mesin universitas Barcelona yang bernama Ángel Rodríguez.


Klub yang berhome base di stadiun Estadi Cornellà-El Prat berkapasitas 40.500 penonton ini merupakan klub pertama yang memenangkan piala  Copa del Rey. Prestasi terbaik RCD Espanyol adalah menjadi runner up piala UEFA pada tahun 1987-1988 dan 2006-2007 dari 7 kali partisipasinya. Sedangkan di level domestik RCD Espanyol sempat menyabet gelar Copa del Rey sebanyak 4 kali yakni tahun 1929, 1940, 2000 dan 2006.

Prestasi Irawan ini memang patut disyukuri, karena ditengah keterpurukan timnas senior, dapat menimbulkan asa bahwa di masa yang akan datang timnas akan dihuni oleh pemain internasinal yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas timnas.

Maju terus sepakbola Indonesia !!!!

sumber : republika.co.id, yahoo.com, tempointeraktif,com,

Tidak ada komentar: